Thursday, April 23, 2009

Seputar Keputihan

Keputihan merupakan salah satu gangguan pada organ reproduksi wanita. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan (bukan darah) dari vagina secara berlebihan. Setiap wanita sekali waktu pernah mengalami keputihan dalam hidupnya, bahkan banyak yang sering mengalaminya. Dalam keadaan yang normal, vagina yang sehat memproduksi cairan untuk membersihkan vagina dari benda-benda asing yang tidak diinginkan. Cairan tersebut juga berfungsi sebagai pelumas dalam hubungan seksual untuk membantu penetrasi penis, serta membantu fungsi reproduksi. Sekresi alami tersebut bisa cair seperti air atau kadang-kadang agak berlendir, umumnya cairan yang keluar sedikit, jernih dan tidak berbau.

Apabila ada sebagian dari Anda yang mengalami keputihan yang berlebihan dalam artian tidak sewajarnya, berikut ada beberapa tips untuk mencegah keputihan yang berlebihan, diantaranya :
1.Harus menjaga kebersihan organ intim kita yaitu dengan cara membersihkannya dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina. Salah satunya produk pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu. Sabun antiseptik biasa umumnya bersifat keras dan dapat flora normal di vagina. Ini tidak menguntungkan bagi kesehatan vagina dalam jangka panjang.

2.Menghindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan dengan tujuan agar vagina harum dan kering sepanjang hari.

3.Selalu keringkan bagian vagina sebelum berpakaian. Jangan biarkan basah/lembab karena akan menjadi tempat berkembangnya bakteri.

4.Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun.

5.Hindari pemeakaian celana jeans karena pori-porinya sangat rapat sehingga hal demikian dapat membuat organ kita menjadi lembab karena tidak mendapatkan udara. Pilihlah seperti rok atau celana bahan non-jeans agar sirkulasi udara di sekitar organ intim bergerak leluasa.

6.Ketika kita sedang mengalami haid atau dating bulan, sering-seringlah berganti pembalut.

7.Gunakan panty liner disaat perlu saja. Jangan terlalu lama.

2 comments:

  1. saya wanita lajang usia 25th..
    akhir2 ini saya sering keputihan, banyak tapi tidak berbau juga tidak berwarna..cuma saya tidak nyaman karena "cd" saya selalu basah.
    saya wanita bekerja dengan jadwal cukup padat, apakah hal itu berpengaruh? apa hal2 yang harus saya lakukan selain tips2 yang dikemukakan di atas..?

    ReplyDelete
  2. kenapa kuputihan selalu terjadi,
    padahal sering diobati,
    tapi muncul terus.

    ReplyDelete